Thursday, August 21, 2014

ukmatab

Hai kali ini bakalan bahas soal kota asalku, my lovely hometown BATAM.
Batam terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Pada awalnya Provinsi Kepulaun Riau masih bergabung dengan Provinsi Riau. Tetap sekitar tahun 2004, Kepulauan Riau memutuskan untuk membuat provinsi sendiri. Batam letaknya sangat strategis, karena Batam lokasinya itu dekat dengan Negara Singa dan hometownnya si kembar Upin dan Ipin. Tau kan negara mana yang kumaksud? Yeeep Singapura dan Malaysia. Mungkin bagi kota lain, kalo mau berkunjung ke Negara Singapura dan Malaysia mereka harus naik pesawat :) Tapi tidak untuk warga yang tinggal di Batam. Mereka bisa pergi ke dua negara tersebut dengan naik kapal ferry dan waktu yang ditempuh itu cuma sekitar 45 menitan.
Batam juga terkenal sebagai kota industri. Karena di Batam itu banyak banget perusahaan-perusahaan milik Indonesia maupun asing. Kebanyakan sih perusahaan itu bergelut di bidang elektronik. Hasil produk yang sudah jadi biasanya diekspor ke luar negeri. Ke Singapore, Jepang, Malaysia, dll. Kota Batam pada tahun 2014 ini masih dipimpin oleh Bapak Ahmad Dahlan dan Bapak Rudi selaku Walikota dan Wakil Walikota Batam.

Kalo soal bahasa, kebanyakan orang Batam itu pake bahasa Melayu. Bahasanya hampir mirip sama bahasa yang dipake sama si kembar hihi . Kalo buat anak mudanya, anak muda Batam jarang pake aku-kamu, kecuali sama pacar.. mungkin.. hehe biasanya mereka pada pake aku-ko. Mungkin bagi orang daerah lain itu agak kasar yah. Jadi jangan kaget kalo kamu nanti berkunjung ke Batam guys :)

Nah setiap daerah pastikan memiliki makanan maupun minuman khas dari daerah masing masing.
kali ini aku bakal ngasi tau soal makanan khas dari Batam. berhubung Batam itu adalah sebuah pulau. pasti makanan khasnya berbau seafood dong yah :) Aku , bakal ngasi tau kamu soal makanan khas Batam yang namanya gong-gong.

Gong-gong itu sejenis kerang. Cara makannya itu biasanya pake tusuk gigi. Tusuk gigi itu dipake buat ngambil daging kerang yang sembunyi di dalem rumahnya. Biasanya gong-gong ini dimakan dengan tambahan sambal biar makin enak rasanya. Limbah kulit dari gong-gong ini masi bisa digunakan juga loh. Ini biasanya dijadikan kerajinan oleh masyarakat setempat. Kerajinan berupa gantungan kunci, bunga-bungaan dari kerang, dan masih banyak lagi. Ohiya gong-gong juga merupakan motif batik ciri khas dari Kepri loh.


Setelah makan pasti haus kan? hehe selanjutnya kita bahas soal minuman yah. Kalo kamu makan di rumah makan di Batam, kamu pasti bakal jarang nemuin yang namanya Ice Tea ato Es teh. Karena di Batam namanya bukan itu guys kalo kamu mau pesen Ice Tea kamu pesen dengan... Teh Obeng. Hah? Obeng? Teh Obeng ini sama kok sama teh es biasa yang kamu minum. Bukan pake obeng kok bikinnya hehe ini cuma sebutan khas dari orang Batam buat Es teh. Belum ada kejelasan soal asal-usul teh obeng ini dari mana. Ada yang bilang dulu ga ada sendok makanya aduknya pake obeng haha ada juga yang bilang waktu mecahin esnya pake obeng, pokoknya mecem-macem deh.


Kalo kamu berkunjung ke Batam, tak lengkap rasanya jika kamu belum berkunjung ke jembatan yang satu ini yaitu Jembatan Barelang. Jembatan ini menghubungkan tiga buah pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Rempang, dan Pulau Galang. Sewaktu liburan atau weekend jembatan ini pasti padat pengunjung. Banyak keluarga-keluarga yang menghabiskan waktu mereka sekedar hanya untuk duduk-duduk atau makan jagung bakar.

Di Pulau Galang juga terdapat sebuah Camp. Camp ini merupakan camp yang pernah ditinggali oleh warga-warga Vietnam sewaktu mereka mengungsi di Batam pada waktu jaman dulu. Makanya camp tersebut disebut dengan camp Vietnam.

Batam juga punya tempat rekreasi pantai yang namanya Ocarina. Di Ocarina ada macem macem wahana bermain kayak bianglala, playground, outbound, waterpark juga ada loh.



Sekian dulu ya post soal kotaku tercinta. Nanti insyaAllah aku lanjutin lagi. Semoga bermanfaat buat semua yang pengen tau soal Batam eee. Thanks :)










No comments:

Post a Comment